Kamis, 28 Mei 2015

Sonnal Makki.


Bismillah,
Selamat pagi Taekwondoin.
Kali ini kita bahas mengenai Sonnal Makki, baik itu sonnal arae makgi atau sonnal momtong makgi. Pertama mari kita bahas Sonnal Arae Makgi atau bisa dterjemahkan "teknik menangkis dengan pisau tangan ke arah bawah badan"
Seperti yang bisa dilihat pada video di atas, pada sonnal arae makgi, tangan yang hendak menangkis diletakkan di bahu seperti letaknya kepalan tangan saat akan melakukan arae makgi. Hanya saja, karena bagian tangan yang dipakai adalah sonnal atau pisau tangan, maka pada sonnal arae makgi telapak tangan dibuka dan menghadap ke atas.

Sementara tangan yang tidak menangkis diletakkan jauh di belakang badan sejajar lurus dengan bahu. Ada dua style atau gaya dalam melakukan sonnal arae makgi ataupu sonnal momtong makgi, yang pertama seperti yang ada dalam video di atas, yaitu assisting hand atau tangan yang tidak menangkis posisinya diletakkan LURUS sejajar bahu. Sementara ada style yang lain yang meletakkan tangan yang tidak menangkis tidak lurus tapi dibengkokkan seperti huruf V. Kedua style ini tidak ada yang bisa disalahkan selama memperhatikan kaidah-kaidah sebagai berikut

1. Tangan yang menangkis awal pengambilannya dimulai dari bahu 
2. Telapak tangan yang menangkis menghadap ke atas
3. Akhir dari gerakan tangan yang menankis adalah di atas paha kuda-kuda dengan jarak dua kepal atau satu jengkal dari paha.
4. Tangan yang tidak menangkis/assisting hand, awal mula pengambilannya adalah di belakang badan sejajar bahu 
5. Akhir dari tangan yang tidak menangkis adalah di dada dengan letak palmok tepat di bawah keah segitiga dobok yang dipakai.

Untuk lebih jelasnya kita lihat video berikut 


Berikutnya adalah sonnal momtong makgi. 
Sonnal momtong makgi sama seperti sonnal arae makgi, hanya saja letak akhir tangan yang menangkis ada di tengah badan dan sejajar dengan kuda-kuda. Sonnal momtong makgi bisa juga disebut sebagai sonnal momtong bakkat makgi. Hampir semua hal yang perlu diperhatikan dalam sonnal momtong makgi adalah identik dengan sonnal arae makgi. Poin-poin yang sudah dijelaskan diatas semua sama kecuali untuk awal pengambilan tangan yang menangkis dan akhir gerakannya.

Awalan sonnal momtong makgi adalah dari pinggang, ke iga lalu naik ke bahu kemudia berakhir di depan badan atau momtong, sejajar dengan kuda-kuda. Ujung jari tangan yang menangkis harus sejajar dengan bahu, jikalebih rendah atau malah lebih tinggi dari bahu akan mengurangi penilaian akurasi gerakan dari 0,1 sampai 0,3.

Berikut video panduannya.


 
  

0 komentar:

Posting Komentar