Rabu, 03 Februari 2016

Bismillah,
Alhamdulillah punya kuota bonus 24giga, dari pada mubadzir, kita nge-blog yuk?

Baik, kali ini saya coba bahas materi latihan sabuk putih. Sebagai pemula, para taekwondo-in penyandang sabuk putih adalah yang harus benar-benar diperhatikan dalam pola pelatihannya. Karena, jika salah dalam menanamkan filosofi dan pola pelatihan dalam tahapan ini, maka bisa dipastikan salah pulalah seluruh perjalanan "karier" taekwondonya maupun nilai-nilai yang akan tertanam dalam benaknya.

Tapi kali ini, saya tidak akan bahas filosofinya, lebih kepada teknis dan tutorial a to z, how to dan lainnya dalam melatih taekwondo-in penyandang sabuk putih. Perlu dicatat, materi yang saya berikan bukanlah materi baku yang dipatenkan oleh PBTI sebagai pusat pertaekwondoan di Indonesia, tapi bisa dipastikan diajarkan oleh seluruh pelatih di Indonesia dan dunia dalam melatih taekwondo-in dasar pemegang sabuk putih.

Pertama, Kibon Dongjak atau gerakan dasar atau bahasa kerennya basic movements.
Di DEMOS Martial Arts School basic movements untuk sabuk putih / geup 10 Taekwondo adalah sebagai berikut

1. Kuda-kuda / seogi :
Ada 5 kuda-kuda dasar yang harus dikuasai sebagai syarat kelulusan ujian ke sabuk kuning / Geup 9 yaitu Moa Soegi/kuda-kuda rapat atau tertutup, Naranhi Seogi/kuda-kuda untuk junbi chase, Juchum Seogi/kuda-kuda pelana atau riding horse stance, Apseogi/kuda-kuda berjalan atau walking stance, dan Apkubi/kuda-kuda panjang.

2. Pukulan / Jireugi
Ada 2 pukulan dasar dalam hal ini dibagi berdasarkan arahnya yaitu Momtong Jireugi, yang arahnya ke myeong chi atau sering disebut ulu hati dan Olgul Jireugi, yang arahnya ke imjung atau hidung.

3. Makki / Tangkisan
Ada 3 tangkisan dasar yaitu Arae MAkki atau tangkisan ke arah bawah badan, Momtong Makki atau tangkisan ke arah tengah badan dan Olgul Makki yaitu tangkisan ke arah kepala.

Berikut adalah vidio penjelasannya :




Selanjutnya adalah 3 tendangan dasar dalam Taekwondo untuk Geup 10 atau sabuk putih

1. Apchagi atau tendangan lurus ke depan.
Tendangan ini menggunanak apchuk sebagai senjatanya. Apchuk adalah bantalan kaki yang ada tepat dibawah jari kaki, digunakan untuk menendang atau meusuk bagian tubuh lawan yang ditargetkan. Silakan disimak penjelasannya dalam vidio berikut ini :


2. Mireo chagi atau tendangan mendorong atau push kick.
Jika apchagi menggukana apchuk untuk menusuk bagian tubuh lawan, maka mireo chagi menggunakan bal bada atau telapak kaki untuk mendorong tubuh lawan. Seperti dalam vidi berikut ini :



3. Yang terakhir adalah Naeryo chagi atau axe kick.
Sama seperti mireo chagi, tendangan naeryo chagi menggunakan bal bada atau te;apak kaki untuk meyerang kepala lawan. Jika mireo chagi arahnya lurus ke depan, mendorong lawan, untuk naeryo chagi arahnya mendorong kepala lawan ke bawah hingga tersungkur. Seperti dijelaskan dalam vidio berikut ini :


Demikian sekelumit materi latihan di Demos Martial Arts School untuk penyandang sabuk putih. Semoga manfaat dan jangan malas untuk di share. Terimakasih, wassalam.

Untuk pertanyaan dan konsultasi silakan hubungi Ade M Sujud, di nomer 0857 1010 0054 atau 0813 1049 9051.

Want to know more about us?
Please contact 085710100054
DEMOS MARTIAL ARTS SCHOOL 
Klub beladiri Taekwondo dan Hapkido TERBAIK di Tangerang, Banten dengan banyak torehan prestasi yang membanggakan dari skala daerah hingga skala daerah hingga dunia
Tempat latihan :
BALEKOTA MARTIAL ARTS CLASS
Mal Balekota lantai 2 Foodcourt Balerasa
jalan Jend Sudirman no 7 km 10 Sukarasa Tangerang 15119
Jadwal : Rabu-jumat-minggu jam 4 sore untuk anak2 dan remaja, jam 7 malam untuk mahasiswa dan dewasa
Info lengkap
085710100054
081310499051
demos_academy.blogspot.com





1 komentar:

  1. Terima Kasih atas Ilmunya sabeum nim ade.
    Izin Share :)

    BalasHapus