Kamis, 28 Mei 2015


Bismillah,

Kembali kita bahasa Makgi atau tangkisan yang ada dalam poomsae Taekwondo. Kali ini kita bahas Batangson Momtong Makki. Pertama kita harus definisikan terlebih dahulu, bagian tubuh yang manakah yang disebut batangson? 

Nah, dalam gambar di ata dapat kita ketahui jawabannya bahwa yang dinamakan batangson BUKAN TELAPAK TANGAN secara keseluruhan, tetapi bagian paling bawah dari telapak tangan yang berada dekat dengan ibu jari. Sekali lagi, bukan telapak tangan, karena telapak tangan dalam terminologi Korea disebut sonbada, bukan batangson.

Dalam video di atas saya berikan cara melatih batangson momtong makgi dengan baik. Seperti kebiasaan saya dalam melatih, semua murid binaan diwajibkan menghafal dan melafalkan setiap gerakan yang dilakukan. Jangan sampai ada lagi sabuk hitam yang tidak hafal nama gerakan dalam poomsae. Mulailah dari sabuk putih dan mulailah melafalkan serta menghafalkan nama gerakan yang dilatih. '


Dalam gambar di atas kita bisa lihat awal pengambilan gerakan batangson momtong makgi, pergelangan tangan yang akan menangkis diletakkan sejajar dengan bahu sementara telapak tangan yang terbuka ada sedikit diatas bahu. Dan tangan yang tidak menangkis diluruskan seperti akan memukul. 

Kemudian gerakkan tangan yang akan menangkis ke arah depan tempat berakhirnya arah tangkisan, yaitu myeong chi, tepat di tengah badan. Ketika sudah mendekati titik akhir tangkisan, seperti semua teknik tangkisan, maka sentakkan dengan kuat tangan yang tidak menangkis seperti gerakan menyikut ke belakang, berbarengan dengan tangan yang akan menangkis "dibuang" ke depan.

Perhatian, telapak tangan yang menangkis harus berhenti di tengah badan BUKAN sejajar dengan kuda-kuda, dan harus sejajar dengan dada. Jika lebih tinggi atau lebih rendah maka akan mengakibatkan pengurangan nilai sebesar 0,1. 



Batang son makgi ada tiga macam, yaitu, Batangson Momtong Makgi dan Batangson Momtong Kodureo Makgi (Taegeuk 7), serta Barangson Momtong Nullo Makgi (Koryo). Lebih lengkapnya dapat dilihat pada video-video di bawah.

Batangson Momtong Nullo Makgi


Batangson Momtong Nullo Makgi adalah gerakan menepis atau menangkis sambil menekan ke bawah. Nullo dalam bahasa korea berarti menekan atau pressing. Seperti pada video di atas. Kesalahan yang banyak terjadi saat melakukan poomsae Nullo Makgi pada Koryo adalah, awal gerakan tangan yang menangkis terlalu jauh di belakang badan sehingga mengakibatkan tidak berengnya gerakan kaki dengan tangan. Yang lebih tepatnya adalah, awalan gerakan tangan yang menangkis diambil dari depan badan bukan dari samping.

Batangson Momtong Kodureo Makgi




Demikian bahasan kita kali ini. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar