Rabu, 27 Mei 2015

Momtong Makgi, tips dan trik melatihnya


Momtong Makgi 

Middle section block atau dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai tangkisan ke arah dada, adalah teknik dasar tangkisan ke dua yang umum dipelajari oleh taekwondo-in sabuk putih dan kuning. 

Seperti yang bisa dilihat dalam video di atas. teknik makgi ini sama seperti arae makgi yang sudah kita bahas sebelumnya, masih menggunakan bakkat palmok atau lengan bagian luar. Untuk lebih tepatnya, baik arae makgi, momtong makgi ataupun olgul makgi dan semua teknik makgi dengan tangan terkepal/jumok menggunakan palmok. Batasan palmok yang digunakan adalah area sepanjang 4 jari yang dimulai dari pergelangan tangan. 



Dengan berpedoman pada gambar di atas maka kini kita bahas bagaiman melakukannya. Pertama, tangan yang hendak menangkis diletakkan dibelakang bahu, sementara tangan yang lain diluruskan sejajar bahu. Ingat, pergelangan tangan jangan sampai ada di abawah bahu. Pergelangan tangan harus sejajar dengan tinggi bahu. Jika hal ini dilanggar, pergelangan tangan lebih tinggi atau lebih rendah dari bahu, maka akan beresiko pengurangan nilai akurasi sebesar 0,1. 

Kedua, alirkan tangan yang hendak menangkis perlahan melewati bahu hingga, setelah sejajara atau sedikit melewati bahu maka sentak dengan kuat kedua tangan, satu tangan menyikut ke belakang sementara tangan yang menangksi "dibuang" ke depan. Catatan yang harus diperhatikan, ujung kepalan tangan yang menangkis harus sejajar dengan bahu. Karenanya teknik ini disebut momtong makgi, momtong adalah area tengah badan dimulai dari bahu hingga pusar. 

Letak akhir tangan yang menangkis sedikit masuk ke dalam badan bukan sejajar dengan kaki atau paha dari kuda-kuda. Posisinya sering di sebut "masuk ke arah myeong chi". Lewatdari myeong chi atau sejajar dengan kaki atau di luar dari posisi akhir kuda-kuda akan mengurangi penilaian ebesar 0,1. 

Jika posisi akhir kepalan tangan di ata bahu atau terlalu rendah dari bahu dapat mengurangi nilai hingga 0,3 atau pengurangan major. Untuk membantu nilai presentasi saat melakukan momtong makgi, maka tenaga yang dihasilkan harus besar ditambah dengan bantuan sentakan tenaga dari pinggang. Jangan hanya mengandalkan tenaga dari tangan. 




















Catatan bagi pelatih, bedakan antara momtong makgi dengan momtong an makgi. Momtong an makgi adalah tangkisan yang sama dengan momtong makgi tetapi posisi akhir tangan berlawanan dengan kaki atau kuda-kuda yang melangkah. 



1 komentar: