Jumat, 29 Mei 2015


Bismillah, 
Selamat siang.

Siang ini kita bahas mengenai Otgoreo makgi, atau cross block atau tangkisan silang. Teknik makgi ini sangat spesifik dan hanya muncul di taegeuk 7 atau chil jang serta Il Yeo. Otgoreo Makgi dibagi dua arah yaitu otgoreo arae makgi dan otgoreo olgul makgi, serta otgoreo makgi dan sonnal otgoreo makgi. 

Dalam taegeuk 7, otgoreo arae makgi, seperti bisa dilihat pada video di atas poin-poin yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut 
1. Awal pengambilan gerakan menangkis dari pinggang atau sabuk. 
2. Karena tangan bersilangan, maka tangan yang berada di atas adalah tangan yang berlawanan arah dengan kaki atau kuda-kuda. Contoh dalam poom 17 dan 21 di taegeuk 7, jika apkubi kanan (oreun apkubi) maka tangan kiri ada di atas tangan kanan, begitu juga sebaliknya.
3. Jarak antara kepalan tangan kanan dengan tangan kiri teroisah selebar satu kepalan tangan. 
4. Tidak seperti arae makgi yang berhenti di atas paha kuda-kuda, otgoreo arae makgi berhenti tepat di tengah-tegah badan atau pusat. 
5. Semua gerakan yang melanggar kaidah-kaidah di atas dapat berakibat pengurangan poin sebesar 0,1 sampai 0,3.

Variasi lainnya dari otgoreo makgi dapat dilihat pada video berikut ini. Sengaja saya tidak bahas secara mendetail, karena il yeo, poomsae wajib pemegang DAN 9 sangat jarang di praktikkan serta saya masih belum punya keberanian untuk membahasnya lebih panjang. 


Silakan disimak, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar