Senin, 01 Juni 2015


Bismillah,
Pagi ini kita bahas jireugi, atau pukulan atau punch dalam bahasa inggrisnya. Jireugi dalam poomsae maupun dalam teknik umum Taekwondo terdiri dari banyak variasi. Tapi untuk awalan mari kita bahas bagaimana melakukan jireugi dalam poomsae dengan baik dan benar. Bisa dilihat dalam video di bawah ini bagaimana melakukan jireugi dan mengejanya dengan benar.


Perlu diketahui bersama bahwa ada dua gaya yang bekerja dalam melakukan teknik momtong jireugi, dan juga teknik-teknik lainnya dalam tangkisan, yaitu gaya mendorong/push dan melintir atau twist atau berputar. Dalam video di atas, saat mengeja "momtong" maka tangan yang aka memukul di dorong keluar dari pinggang, lalu saat mengeja "jireugi" diputar cepat 180 derajat ke arah myeong chi. Sementara tangan yang tidak memukul seperti pada teknik-teknik tangkisan yang sudah dibahas sebelumnya, ditarik ke belakang dengan cepat seperti menyikut.


Seperti gambar di atas, arah pukulan atau jireugi ada tiga arah yaitu olgul, momtong, dan arae.


Sesuai kuda-kuda, jireugi dibagi dua bagian, yaitu bandae jireugi dan baro jireugi. Badae jireugi jika pukulan sejajar denga kuda-kuda, sedangkan baro jireugi jika bersebrangan dengan kuda-kuda, seperti dapat dilihat pada gambar di atas. Hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan baro jireugi adalah posisi akhir pundak menjorok ke dalam sebesar 45 derajat. Tidak lurus atau sejajar seperti posisi bande jireugi. 



Foto di atas adalah dua macam variasi jireugi, yaitu dollyo jireugi gambar 1 dan chi jireugi, gambar 2.


Gambar di atas adalah Sewo Jireugi, posisi jempolnya ada di atas, karena itu di sebut sewo.

Chi Jireugi

Digeutja jireugi


Dollyo jireugi


Dwi jireugi


Jecho jireugi



Yeop jireugi


Keumgang yeop jireugi


Naeryo jireugi

 Dangyeo jireugi
Pyojeok jireugi






Silakan disimak. semoga manfaat

0 komentar:

Posting Komentar