Selasa, 27 Oktober 2015

Bismillah.

Baik, setelah kemarin saya tulis mengenai materi sabuk putih dan kuning, kini saya beranjak ke materi ho shin sul sabuk hijau, yaitu Keokki atau kuncian. Dalam materi pelatihan yang distandarkan oleh WHMAF dan diikuti oleh PB Hapkido Indonesia, setiap materi dasar sabuk warna, sejak putih hingga merah, hampir semua teknik dasar dibagi tiga. Tujuannya tak lain adalah untuk memudahkan pelatihan agar tidak terlalu banyak beban.

Video tutorialnya secara lengkap silakan lihat di bawah ini.


Keokki pertama dinamakan Kyodurang Kio Keokki atau kuncian di daerah ketiak. 




Setelah tangan saya dicengkram, maka saya segera merendahkan titik berat badan sambil sedikit melangkah ke samping. Bersamaan dengan itu, saya pegang erat punggung tangan lawan yang mencengkram tangan saya dengan tangan yang bebas, dalam hal ini tangan kanan saya. Lalu kaki yang diam, yang tidak bergeser ke samping, saya putar agar posisi saya berada tepat di samping lawan. Dan seperti terlihat, ketiak saya ada tepat di atas siku lawan dan  mencengkram punggung tangannya dengan tangan kanan saya (gambar ke dua). Dengan posisi seperti ini, turunkan berat badan ke bawah lalu tekan dan peras semua bagian tangan lawan yang sudah dikuasai atau setelah tangan saya berhasil di lepaskan. Hal ini akan menimbulkan sakit didaerah lengan bagian siku lawan karena tekanan dan juga puntiran pada punggung tangan serta pergelangan tangannya,

Keokki kedua dinamakan Anja Deora Keokki


Anja Deora Keokki atau mengunci, mematahkan sambil duduk. Seperti semua teknik sebelumnya dalam Ppaegi, sabuk putih maupun chigi untuk sabuk kuning, hal pertama yang kita lakukan setelah tangan dicengkram, cara melepaskannya adalah dengan "meminjamkan titik berat atau berat badan kepada lawan". Hal yang sama saya lakukan pada teknik ini, setelah tangan saya dicengkram maka segera saya merendahkan kuda-kuda untuk tujuan menggoyahkan kuda-kuda lawan sambil memutar tangan lawan kearah dalam badan saya, telapak tangan saya menghadap ke arah dada, dan bersamaan dengan itu saya cengkram punggung tangan lawan dan berusaha melepaskan tangan yang dicengkram sambil melangkahkan kaki ke arah dalam. Kaki yang melangkah sejajar dengan tangan yang dicengkram lawan. Ingat, memutar tangan yang dicengkram jangan sampai melewati bahu apalagi sampai kepala, itu salah besar. Lalu setelah berhasil mencengkram tangan lawan maka kunci pergelangan tangannya dengan kedua tangan kita dengan bentuk huruf O, Dititik ini, janganlah mencengkram terlalu keras, jika ini dilakukan, maka lawan akan ikut berputar dengan kita dan teknik anja deora keokki tidak akan sempurna dilaksanakan. Terutama jika kita latihan dengan teman di dojang. Teknik ini sangat berbahaya terutama bagi pemula.
Setelah merendahkan badan dan meletakkan tangan lawan dibahu, dan posisi badan kita membelakangi lawan segera tarik kaki kanan ke belakang dan membanting lawan ke arah depan. Ingat, posisi lawan di depan bukan di samping. seperti foto ini.


Catatan, lakukan teknik ini dengan komunikasi yang baik antara kita dengan lawan atau teman berlatih agar tidak terjadi cedera serius dan fatal.

Teknik keokki ke tiga disebut Mirokeokki atau kuncian dengan mendorong.

Teknik ini mirip dengan teknik kedua yaitu anja deora keokki, tetapi berhenti ditengah prosesnya. Awalnya sama, tangan kita dicengkram lalu rendahkan titik berat dan kuda-kuda agar dapat melonggarkan cengkramannya sambil memegang punggung tangan lawan. kemudian dengan gerakan sama seperti teknik ke dua segera lepaskan tangan yang dicengkram dan kunci pergelangan tangan lawan seperti huruf O. Kemudian puntir tangan lawan yang dicengkram ke arah luar melewati batas maksimal fleksibilitas sendinya, sambil mendorong sikunya ke arah perut. Sehingga akan terasa sakit di sendi pergelangan tangan serta di siku lawan.
Sekian, Wassalam

Want to know more about us?
Please contact 085710100054
DEMOS MARTIAL ARTS SCHOOL 
Klub beladiri Taekwondo dan Hapkido TERBAIK di Tangerang, Banten dengan banyak torehan prestasi yang membanggakan dari skala daerah hingga skala daerah hingga dunia
Tempat latihan :
BALEKOTA MARTIAL ARTS CLASS
Mal Balekota lantai 2 Foodcourt Balerasa
jalan Jend Sudirman no 7 km 10 Sukarasa Tangerang 15119
Jadwal : Rabu-jumat-minggu jam 4 sore untuk anak2 dan remaja, jam 7 malam untuk mahasiswa dan dewasa
Info lengkap
085710100054
081310499051
demos_academy.blogspot.com








0 komentar:

Posting Komentar