Kamis, 29 Oktober 2015

Bismillah.

Deon jigi atau bantingan atau throwing technique adalah teknik universal yang ada pada hampir semua beladiri. Jadi jika nanti ditemukan kesamaan teknik dengan beladiri yang lain, bukan dalam artian menyotek atau meniru, tetapi memang sebagai beladiri yang memiliki akar yang kuat dari Jujitsu maka akan ditemukan kesamaan yang cukup signifikan dalam teknik-teknik berikut ini. 

Berikut adalah video tutorialnya :

Teknik pertama dinamakan Bakkat Dari Deonjigi atau Bantingan dengan sapuan kaki dari arah luar. Seperti biasanya semua teknik dasar Hapkido yang berafiliasi ke WHMAF, awalnya dimulai dengan cengkraman tangan.
Tahap pertama, ambil tangan lawan yang mencengkram, lalu kaki yang sejajar dengan tangan yang dicengkram, melangkah sedikit ke arah luar atau menyamping.
Kedua, bersamaan dengan langkah kaki tadi, pegang baju lawan di arah bahu untuk ditarik ke arah bawah dengan maksud menggoyahkan kuda-kudanya.
Ketiga, setelah berhasil menggoyahkan kuda-kuda lawan, maka kaki yang dibelakang, yang tidak ikut melangkah pada teknik pertama, disapukan ke arah mata kaki atau betis lawan.
Keempat, agar lawan tidak lari, pastikan tangan yang mencengkram lawan harus selalu memegang kuat tangan dan bahunya. Tujuannya adalah agar memastikan teknik kita baik dan kelak akan ada teknik lanjutannya. Selain itu dalam berlatih, hal ini diperlukan agar lawan berlatih save dan terkontrol jatuhannya sehingga tidak menimbulkan cedera yang parah.
Kelima, setelah lawan dijatuhkan, pukul ke arah badan atau mukanya.

Teknik kedua dinamakan HanPal Obeo Deonjigi atau membanting dengan satu tangan. Teknik ini sangat familiar dilihat dalam berbagai beladiri.
Pertama, ambil tangan lawan yang mencengkram, lalu kaki yang berlawanan dengan tangan yang dicengkram melangkah ke arah dalam untuk membelakangi lawan.
Kedua, berbarengan dengan langkah tadi, tangan yang bebas masuk melalui ketiak lawan untuk memegang baju bagian bahu lawan.
Ketiga, setelah membelakangi lawan, pastikan kuda-kuda kita berada dibawah level pinggangnya lawan, hal ini diperlukan agar bisa mengungkit pinggang lawan.
Keempat, setelah berhasil mengungkit pinggang lawan, pastikan tangan yang memegang bahu lawan sangat erat. Lalu condongkan badan ke arah depan, sambil menarik tangan dan bahu lawan yang ada di belakang.
Kelima, pastikan tangan tetap memegang lawan, agar pada saat latihan teknik ini dilakukan dengan aman. Lalu banting lawan ke arah depan melewati punggung kita.
Keenam, dengan tangan lawan yang masih kita pegang, pukul ke arah wajah atau perut lawan.

Teknik ke tiga disebut Mokgama Deonjigi, atau bantingan melalui leher.
Pertama, cengkeram tangan lawan lalu melangkah ke depan sambil menangkat tangan lawan melewati kepalanya.
Kedua, tangan yang tidak dicengkram lawan memegang tengkuk lawan.
Ketiga, kaki yang tidak melangkah diputar 90derajat ke arah luar dari jangkauan lawan sambil memutar leher lawan ke depan.
Keempat, jatuhkan lawan kedepan dan jangan lupa untuk tetap memegang tangan lawan yang dibanting.

Demikian, wassalam


Want to know more about us?
Please contact 085710100054
DEMOS MARTIAL ARTS SCHOOL 
Klub beladiri Taekwondo dan Hapkido TERBAIK di Tangerang, Banten dengan banyak torehan prestasi yang membanggakan dari skala daerah hingga skala daerah hingga dunia
Tempat latihan :
BALEKOTA MARTIAL ARTS CLASS
Mal Balekota lantai 2 Foodcourt Balerasa
jalan Jend Sudirman no 7 km 10 Sukarasa Tangerang 15119
Jadwal : Rabu-jumat-minggu jam 4 sore untuk anak2 dan remaja, jam 7 malam untuk mahasiswa dan dewasa
Info lengkap
085710100054
081310499051
demos_academy.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar