Selasa, 09 Juni 2015

Latihan Flexibilitas untuk Atlet Poomsae

 

Bismillah,
Flexibilitas atau keleturan atau bisa juga disebut kelentukan. Dalam hal ini seorang atlet apapun cabang olahraganya membutuhkan latihan ini, kelentukan. Karena dalam tahapan tertentu seorang atlet dibutuhkan kemampuan untuk mengolah dan mengkoordinasikan gerakan tubuhnya dengan baik. Dan kelenturan adalah salah satu jalan atau indikasi seorang atlet memiliki koordinasi tubuh yang baik atau tidak (opini pribadi). 

Lebih khususnya bagi para praktisi beladiri, latihan kelenturan terutama yang spesifik seperti split dan lain sebagainya semestinya menjadi menu utama dalam setiap program latihannya. Bayangkan seorang atlet Taekwondo tidak bisa split dengan baik. Kira-kira mampukah dia untuk menendang tinggi ke atas ke arah kepala lawannya dengan baik? Lalu apalagi halnya dengan atlet poomsae.

Berikut di bawah ini saya lampirkan video latihan yang dapat membantu seorang atlet poomsae mencapai dan meningkatkan tahap kelenturan tubuhnya guna menunjang performanya saat latihan dan bertanding.

video satu 



Dalam video di atas adalah tipe latihan flexibiltas secara umum yang harus dilatih pada setiap sesi latihan, latihan ini selain diaksudkan untuk meningkatkan flexibiltas secara umum bagi atlet yang direnggangkan kakinya tapi juga bagi atlet yang membantu pergerakan temannya, yaitu memberi latihan beban bagi atlet yang lainnya. penting diperhatikan bahwa dalam proses latihan ini posisi tulang punggung atlet yang direnggangkan kakinya, harus selalu dalam keadaan tegak dan rileks.

video dua 



Dalam video kedua di atas adalah khusus atlet poomsae untuk mencapai flexibiltas bagi tendangan dollyo chagi.

Video ke dua, untuk melatih tendangan Apchagi


Video ke tiga untuk melatih tendangan Yeop chagi



demikian uraian singkat dari saya hari ini, setelah beberapa hari tidak menulis, rasanya kaku kembali, hehehe, semoga manfaat dan berguna bagi yang lainnya.
Terimakasih 






0 komentar:

Posting Komentar