Minggu, 07 Februari 2016

Bismillah...
Setelah kemarin kita bahas materi sabuk putih atau geup 10 untuk praktisi Taekwondo, kini kita bahas materi sabuk kuning yuk?

Seperti biasa, berangkat dari peribahasa "basic is everything, without basic is nothing", maka yang pertama kita bahas adalah kibon dongjak atau gerakan-gerakan dasar yang meliputi teknik pukulan, tangkisan serta kuda-kuda dasar bagi penyandang sabuk kuning. Saya coba menghindari membahas tendangan lebih dahulu, padahal tendangan adalah ciri khas taekwondo. Hanya saja bagi saya ini yang memprihatinkan, betapa banyak praktisi taekwondo yang sedemikian asiknya melatih tendangan tapi lupa melatih pukulan dan kuda-kuda, sehingga hasilnya adalah sabuk yang tinggi tetapi "kosong isinya".

Baiklah, dalam vidio berikut ini adalah materi kibon dongjak untuk makki, jireugi dan seogi bagi sabuk kuning.

Dalam vidio di atas ada kuda-kuda baru yang diajarkan bagi penyandang sabuk kuning Taekwondo, yaitu Dwitkubi atau dalam bahasa inggris disebut L stance (kuda-kuda L). Kenapa L? Karena memang awalan dari kuda-kuda ini adalah membentuk dua telapak kaki seperti bentuk huruf L. Besar atau ukuran kuda-kuda ini adalah sama dengan juchum seogi atau kuda-kuda pelana bagi sabuk putih. Hanya saja jika juchum seogi posisinya adalah seperti orang yang menaiki kuda, itulah mengapa disebut "pelana", posisi badan ke depan dan pembagian titik berar tubuh merata berada di tengah. Tetapi tidak demikian dengan dwitkubi, posisi badannya menyamping dengan berat badan ditumpukan ke kaki yang di belakang.

Kemudian gerakan tangan yang baru adalah Dung Jumok Apchigi atau sabetan dengan menggunakan punggung kepalan tangan ke arah hidung atau area imjung. Awalan dari teknik ini adalah dari pinggang, seperti biasa dan kemudian digerakkan melewati ketiak lalu menyabet ke arah depan atau wajah lawan, tepatnya di hidung.

Kemudian setelah kita bahas teknik seogi dan makki, maka barulah kita bahas materi chagi atau teknik menendang. ada dua teknik bagi sabuk kuning untuk dikuasai yaitu dollyo chagi atau round house kick, tendangan yang sangat sering muncul dan favorit setiap taekwondoin serta satu lagi yaitu yeop chagi atau side kick yang sebenarnya adalah ciri khas taekwondo tapi sayangnya masih banyak yang "kurang tepat" dalam melatihnya.
Semoga dua vidio di bawah ini dapat membantu para pelatih memperbaiki dan memperkaya bendahara tips melatih teknik tendangan di dojangnya masing-masing.



Dollyo chagi :

Yeop chagi :


Semoga manfaat dan saya harap agar tidak segan untuk share ke teman-teman yang lainnya.
Untuk info dan konsultasi silakan hubungi 0813 1049 9051 (Ade) atau datangi dojang kami di Mal Balekota lantai 2 foodcourt Balerasa, jalan Jend Sudirman no 7 km 10 SukarasaTangerang 15119 setiap hari rabu, jumat dan minggu jam 4 sore. Atau di Ged Olah Raga Kec Periuk, Sangiang Kota Tangerang setiap selasa, kamis dan sabtu jam 4 sore.

Terimakasih.

Want to know more about us?
Please contact 085710100054
DEMOS MARTIAL ARTS SCHOOL 
Klub beladiri Taekwondo dan Hapkido TERBAIK di Tangerang, Banten dengan banyak torehan prestasi yang membanggakan dari skala daerah hingga skala daerah hingga dunia
Tempat latihan :
BALEKOTA MARTIAL ARTS CLASS
Mal Balekota lantai 2 Foodcourt Balerasa
jalan Jend Sudirman no 7 km 10 Sukarasa Tangerang 15119
Jadwal : Rabu-jumat-minggu jam 4 sore untuk anak2 dan remaja, jam 7 malam untuk mahasiswa dan dewasa
Info lengkap
085710100054
081310499051
demos_academy.blogspot.com

1 komentar:

  1. Terima Kasih Sabeum Nim Ade (Y).
    Izin Share Sabeum Nim :)

    SUKSES terus buat DEMOS (Y)

    BalasHapus